PENYAKIT LUPUS

NAMA KELOMPOK :
1. Abrian Isnan
2. Fanggi Ripangga
3. Adi Saputra

Sabtu, 08 Januari 2011

anatomi pencernaan

PeNceRnaaN maKaNan (sIstEm peRcErNaaN)

Semua makluk hidup memerlukan makanan untuk menghasilkan energi. Makanan yang dimakan kemudian harus dicerna agar dapat diserap oleh tubuh. Proses pengelolahan makann agar makanan dapat diserap tubuh disebut sebagai proses makanan.


sistem pencernaan terdiri dari suatu saluran panjang yaitu saluran cerna dimulai dari mulut smpai anus, dan kelenjar-kelenjar yang berhubungan seperti kelenjar liur, hati dan prancreas yang letaknya diluar saluran akan tetapi menghasilkan sekret yang dicurahkan pada saluran tersebut.


Fungsi dari sistem pencernaan adalah memproses makanan menjadi zat yang mampu diserap dalam peredaran darah. proses pencernaan dalm tubuh manusia ada dua yaitu;

  1. Pencernaan secara mekanis (gerakan), terjadi dimulut. Makanan pada mulanya dijadikan bagian yang kecil dengan cara digunyah kemudian dihaluskan lebih lanjut oleh asam klorida dan enzim-enzim yang lain. Seperti pada pencernaan karbohidrat oleh mulut yangdibantuoleh gigi dan dicampur dengan enzim ptyalin bersama air ludah.
  2. Pencernaan secara kimia yaitu Pencernaan makanan secara kimiawi terjadi dengan bantuan zat kimia tertentu. Enzim pencernaan merupakan zat kimia yang berfungsi memecahkan molekul bahan makanan yang kompleks dan besar menjadi molekul yang lebih sederhana dan kecil. Molekul yang sederhana ini memungkinkan darah dan cairan getah bening (limfe) mengangkut ke seluruh sel yang membutuhkan.


Sistem pencernaan makananpada manusia terdiri dari beberapa organ, antara lain adalah ;
  • Mulut. Mulut merupakan rongga pada permulaan saluran cerna terdiri dari Vestibula yang berada diantara bibir dan gusi serta rongga mulut yang merupakan ruangan yang berada dibagian dalam yang dibatasi oleh tulang maksila dan semua gigi. Proses yang pertama kali terjadi di mulut merupakan proses mekanis dan khemis. Proses mekanis yang terjadi adalah penguyahan menggunakan ototmasater, otot temporalis, otot pteregoid lateral dan medial dibantu dengan ludah, gigi dan lidah. Pada cavum oris (rongga mulut) mulai dihaluskan oleh geligi kita dan enzim Ptyaline yang dihasilkan oleh kelenjar ludah.kelnjar lidah ada 3 yaitu 1). kelenjar parot,is 2). kelenjar submandibularis, dan 3). kelenjar sublingualis. Fungsi kelenjar ludah ialah mengeluarkan saliva yang merupakan cairan pertama yang mencerna makanan. Deras aliran saliva diransang oleh adanya makanan dalam mulut. Saliva merupakan cairan yang bersifat alkali yang mengandung musin dan ptyalin.

  
  • kerongkongan (esofagus). Merupakan tabung berotot yang panjangnya 20-25 cm diatas dimulai dari pharink sampai pintu masuk kardiak lambung di bawah. makanan berjalan dalam esophagus karena kerja paristaltic, lingkaran serabut otot didepan makanan mengendor dan yang dibelakang makanan berkontraksi sehingga makanan dapat terdorong ke bawah. 
  • Lambung (Gaster atau Ventrikel). Lambung merupakan bagian saluran cerna yang memiliki kapasitas mengembang yang paling banyak. Lambung dapat menampung 2-3 liter makanan dan cairan. lambung terletak di tengah epigastrik dan terdiri dari kardia, fundus, corpus dan pylorus. Fungsi lambung adalah menerima makanan dari esofagus, menampungnya dan berperan dalam proses pencernaan karbohidrat, protein dan lemak. kelenjar dalam lapisan mukosa lambung mengeluarkan sekret yaitu cairan pencerna penting yang berupa getah lambung (HCl). getah ini dalah cairan yang tidak berwarna, getah lambung mengandung 0,4% asam klorida yang mengasamkan makanan. enzim yang berada pada getah lambung terdiri dari pepsin, rennin dan lipase.
 
  •  hati. adalah kelenjarterbesar dalam tubuh yang terletak dibagian atas rongga abdomen disebelah kanan dan dibawah diafragma. Fungdihati berkaitan dengan metabolismedan proses detoktifikasi. proses metabolisme yang diperankan oleh hati antara lain sintesis protein,penyimpanan glukosa dalam bentukglikogen serta proses pengolahan fraksi-fraksi lemak.
...........Fungsi hati : 
  1. Tempat pembentukan empedu,
  2. Tempat penyimpanan glikogen
  3. Metabolisme lemak,
  4. Membentuk protein plasma,
  5. Memproses beberapa hormon steroid dan vitamin D,
  6. Detoktifikasi.
  • Empedu. dihasilkan oleh hati,kemudian dibawa ke kantong empedu untukdipekatkan. bilamemakan makanan yang mengandung lemak, empedu akan dikeluarkan untuk membant proses pencernaan lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar